Tuesday, August 14, 2012

Insya Allah, Idul Fitri Tak Ada Perbedaan

MUI: Insya Allah, Idul Fitri Tak Ada Perbedaan

Jakarta - Secara resmi, pemerintah belum menetapkan 1 Syawal 1433 H. Penetapan 1 Syawal sebagai hari raya Idul Fitri dilakukan melalui sidang isbat yang baru akan 4 hari lagi. Namun demikian, diperkirakan hari pelaksanaan Idul Fitri pada 1 Syawal tidak akan ada perbedaan di antara umat Islam.

Insya Allah, Idul Fitri Tak Ada Perbedaan

"Insya Allah, bersamaan. Karena pemerintah juga akan menghisab tapi dengan imkanurukyat dan hilal akan berada di atas 2 derajat, dengan begitu kemungkinan (hilal) akan bisa dilihat," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan kepada detikRamadan, Selasa (14/8/2012)

Dengan kebersamaan perayaan ini, menurutnya, akan menjadi kemenangan bagi umat Islam. "Dengan begitu, silaturahminya sama, salatnya sama, salam-salamannya sama," ujarnya.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1433 H jatuh pada 19 Agustus 2012. Sementara pemerintah dan sejumlah ormas Islam baru bisa memutuskan 1 Syawal 1433 H setelah melakukan rukyatulhilal dan penetapan melalui sidang isbat pada 18 Agustus mendatang.

Terkait keputusan Muhammadiyah yang lebih dulu menetapkan 1 Syawal, menurut Amidhan hal itu bukan persoalan serius.

"Ya tidak apa-apa, tidak ada masalah puasanya Muhammadiyah 30 hari, yang lainnya 29. Nabi Muhammad dalam 9 kali puasanya kebanyakan 29 hari, jadi tidak ada masalah," jelasnya.

0 komentar:

Post a Comment